keluhan yg sering dialami riser datsun go adalah suhu AC yg terlalu dingin pada malam hari dan tidak bisa disetel karena hanya ada pengatur kecepatan angin/blower. berikut akan dijelaskan step by step penambahan termostat digital pada datsun go agar suhu bisa disetting sesuai kebutuhan.
peralatan yang dibutuhkan :
1. termostat (digital lebih bagus dari segi tampilan), bisa cari di online shop atau toko elaktronik.
2. kabel tunggal serabut (NYAF) ukuran 0,5mm warna biru-kuning-hitam (bisa warna lain)
3. rumah sekering(untuk pengaman) + sekering 1A
jika alat sudah siap langkahnya sebagai berikut :
1. buka panel cover head unit.
2. buka 4 baut penahan dudukan saklar AC
3. lepas soket saklar ac
4. kupas kabel kecil warna bitu di soket( kabel ini fungsinya mematikan clutch kompressor AC). dan sambung dgn kabel yg telah disiapkan(warna biru).
5. cari kabel yg berhubungan dgn soket lighter(colokan 12v), kupas kabel warna hitam(jalur negatif/ground) kemudian sambung dgn kabel yg telah disiapkan(warna hitam)
6. kupas juga kabel warna merah (jalur positif +), sambung dgn kabel kuning
7. sambung kabel kuning dengan sekering
sekarang dari panel AC ada tiga kabel :biru(disable), hitam (-) dan kuning (+), kemudian sambungkan dgn termostat dgn skema sebagai berikut :
8. Pasang sensor thermostat di kisi2 ac.
9. test, hidupkan mesin, termostat akan menyala. ada dua setting yg harus dirubah yaitu :
a. P0 (fungsi termostat) dalam hal ini diset untuk fungsi Heating, caranya :
- tekan dan tahan tombol atas (SET) sampai keluar tampilan P0,jangan dilepaskan.
- tekan dan tahan tombol bawah sampai display biru (C) berkedip.
- lepas kedua tombol.
- tekan sebentar tombol bawah sampai huruf Cberubah jadi H
- tunggu sampai display biru berhenti berkedip.
b. P1 (interval/range suhu) jarak mati dan hidupnya kompressor.
- tekan dan tahan tombol atas (SET) sampai keluar P0. dan lepaskan
- tekan dan tahan lagi tombol atas sampai keluar tulisan P1 jangan dilepaskan.
- tekan dan tahan tombol bawah sampai angka warna biru berkedip. kemudian lepaskan kedua tombol.
- tekan tombol atas untuk menambah nilai atau tombol bawah untuk mengurangi.
- idealnya disetting pada angka 4 derajad
- lepaskan dan tunggu sampai selesai berkedip
NOTED: beberapa thermostat kadang beda cara settingnya, tapi intinya yg perlu disetting adalah: thermostat digunakan utk proses HEATING (contact relay on pada saat suhu minimum tercapai,dan contact relay off ketika mencapai suhu maksimal yg diinginkan)
9. setting temperatur yg diinginkan. untuk siang hari sekitar 14 derajad kalau malam hari 20 derajad celcius.
a. pencet tombol atas (SET). display biru akan berkedip.
b. tekan tombol atas untuk menambah atau tombol bawah untuk mengurangi nilainya.
c. jika telah sesuai lepaskan tombol dan tunggu hingga tidak berkedip.
peralatan yang dibutuhkan :
1. termostat (digital lebih bagus dari segi tampilan), bisa cari di online shop atau toko elaktronik.
termostat digital |
2. kabel tunggal serabut (NYAF) ukuran 0,5mm warna biru-kuning-hitam (bisa warna lain)
kabel NYAF |
3. rumah sekering(untuk pengaman) + sekering 1A
jika alat sudah siap langkahnya sebagai berikut :
1. buka panel cover head unit.
2. buka 4 baut penahan dudukan saklar AC
3. lepas soket saklar ac
4. kupas kabel kecil warna bitu di soket( kabel ini fungsinya mematikan clutch kompressor AC). dan sambung dgn kabel yg telah disiapkan(warna biru).
5. cari kabel yg berhubungan dgn soket lighter(colokan 12v), kupas kabel warna hitam(jalur negatif/ground) kemudian sambung dgn kabel yg telah disiapkan(warna hitam)
6. kupas juga kabel warna merah (jalur positif +), sambung dgn kabel kuning
7. sambung kabel kuning dengan sekering
sekarang dari panel AC ada tiga kabel :biru(disable), hitam (-) dan kuning (+), kemudian sambungkan dgn termostat dgn skema sebagai berikut :
8. Pasang sensor thermostat di kisi2 ac.
9. test, hidupkan mesin, termostat akan menyala. ada dua setting yg harus dirubah yaitu :
a. P0 (fungsi termostat) dalam hal ini diset untuk fungsi Heating, caranya :
- tekan dan tahan tombol atas (SET) sampai keluar tampilan P0,jangan dilepaskan.
- tekan dan tahan tombol bawah sampai display biru (C) berkedip.
- lepas kedua tombol.
- tekan sebentar tombol bawah sampai huruf Cberubah jadi H
- tunggu sampai display biru berhenti berkedip.
b. P1 (interval/range suhu) jarak mati dan hidupnya kompressor.
- tekan dan tahan tombol atas (SET) sampai keluar P0. dan lepaskan
- tekan dan tahan lagi tombol atas sampai keluar tulisan P1 jangan dilepaskan.
- tekan dan tahan tombol bawah sampai angka warna biru berkedip. kemudian lepaskan kedua tombol.
- tekan tombol atas untuk menambah nilai atau tombol bawah untuk mengurangi.
- idealnya disetting pada angka 4 derajad
- lepaskan dan tunggu sampai selesai berkedip
NOTED: beberapa thermostat kadang beda cara settingnya, tapi intinya yg perlu disetting adalah: thermostat digunakan utk proses HEATING (contact relay on pada saat suhu minimum tercapai,dan contact relay off ketika mencapai suhu maksimal yg diinginkan)
9. setting temperatur yg diinginkan. untuk siang hari sekitar 14 derajad kalau malam hari 20 derajad celcius.
a. pencet tombol atas (SET). display biru akan berkedip.
b. tekan tombol atas untuk menambah atau tombol bawah untuk mengurangi nilainya.
c. jika telah sesuai lepaskan tombol dan tunggu hingga tidak berkedip.
Sensor Thermostat diletakkan dimana ?
BalasHapusDipasang di saluran keluar ac yg di dashboard.
HapusSensor suhu bawaan datsun yang nempel di evaporator apa perlu dicabut digantikan probe sensor bawaan thermostat digitalnya ?
BalasHapusTidak perlu om. Bisa berjalan sebagai cadangan. Ketika thermostat digital dimatikan(dgn menekan tombol bawah agak lama),maka sensor bawaan mesin yg berjalan
HapusMas itu kalo udah disetting,setelan siang atai malamnya automatis atau perlu kita switch manual
BalasHapusPertanyaan saya,
BalasHapus1. apakah setelah kita pasang termostat digital ini akan otomatis menjadi sinyal tegangan tunggal untuk memhidupkan dan memutus magnet clutch? Yang artinya kerja magnet clucth hanya mengikuti setingan pada termostat digital tersebut saja?
2. Jika Termistor bawaan AC mobil yang menempel di evaporator tidak di lepas apakah tidak akan menimbulkan crash(2 sinyal) tegangan ke magnet clucth?
Contoh : Pada switch blower level 1 setinggan standar nya berdasarkan sinyal dari AC aplifier atau ECU biasanya Magnet clutch akan hidup selama kurang lebih 20 detik dan mati selama 10 detik, begitu seterusnya.. nah jika kita menyeting suhu pada termostat digital supaya AC tidak terlalu dingin..apakah setingan termistor bawaan tidak membuat kacau sinyal dari termostat mengingat ada dua perintah yang aktif yaitu 1 sinyal dari AC amplifier bawaan mobil dan 1 lagi dari termostat. Demikian pertanyaan saya dan mohon penjelasan nya, terimakasih
Intinya perintahnya seri jadi ada perintah dari knop yang harus di ada izin dari thermoswitch dan rps jadi ada 3 pintu jika salah satu di matikan semua akan mati jadi ada istilah crash signal. Lagi pula lebih mirip AC dihidupkan hanya blower saat posisi thermostat digital bekerja CMIW
HapusNggu jawaban pertanyaan diatas kok blm dijwb ya??
BalasHapus